Inilah 5 Tips Untuk Membuat Meja Dapur Selalu Tertata Rapi!

Begitu banyaknya barang yang ditaruh di dapur tak jarang membuat area ini selalu tampak berantakan. Terutama bagian meja dapur. Jika Anda memiliki bentuk meja dapur yang besar dan luas, mungkin aspek penataan barang-barang takkan begitu menimbulkan masalah. Namun berbeda halnya dengan beberapa jenis dapur yang tidak terlalu besar dan minimalis. Dengan ukuran yang terbatas, Anda harus pintar-pintar memutar otak untuk meletakkan setiap barang agar meja dapur Anda bisa terlihat selalu rapi, meskipun begitu banyak barang yang Anda letakkan di atasnya.

Aspek keindahan dan ketepatan tata letak barang di meja dapur seringkali dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Orang-orang mungkin menganggap bahwa masalah-masalah di dapur hanya berkutat di seputar servis kompor gas, pembetulan pipa air, atau renovasi ventilasi agar dapur tak terasa pengap, sehingga mengabaikan aspek kerapian meja dapur. Padahal, meja dapur yang kotor dan sempit bisa mendatangkan begitu banyak kerugian bagi diri Anda. Meja yang tak tertata rapi sangat mungkin menjadi tempat berkembang biak bakteri berbahaya. Ditambah lagi kondisi meja seperti demikian takkan indah dipandang mata.

Untuk membantu Anda menjaga meja dapur Anda selalu rapi, ada beberapa tips mudah yang dapat Anda ikuti.

1. Jangan menaruh begitu banyak barang di atas meja
Apabila Anda memiliki meja dapur yang hanya berukuran kecil, maka tujuan utama Anda adalah untuk menjauhkan barang-barang tidak diperlukan dari area ini. Barang-barang yang tidak diperlukan tersebut adalah, sebagai contoh, serbet dan kain lap. Daripada harus menaruhnya di atas meja, Anda dapat melipat dan menyimpannya di atas lemari pendingin, atau mungkin menggantungnya di dinding menggunakan hook kop.

2. Siapkan satu wadah untuk barang-barang kecil
Akan selalu ada begitu banyak barang berukuran kecil di setiap dapur, apapun model dapur Anda. Pada beberapa kasus, meja dapur bahkan bisa menjadi tempat di mana kertas catatan kecil disimpan. Untuk barang-barang mini seperti kertas, pulpen, stapler, penjepit kertas, atau mungkin tutup gelas, Anda dapat menyimpannya di dalam sebuah wadah cukup besar yang memang dimaksudkan untuk menyimpan barang-barang tersebut. Orang-orang biasa menyebut wadah ini dengan istilah junk bowl. 

3. Manfaatkan botol atau jar 
Kini, banyak orang yang menjual makanan di dalam kemasan jar. Namun biasanya, setelah makanan di dalamnya habis, Anda langsung membuang jar-jar pembungkusnya ini. Eits, jangan salah, jar-jar ini ternyata bisa bermanfaat untuk membuat meja dapur Anda menjadi lebih rapi, lho. Bentuknya yang bersih, kecil, dan ringkas bisa menjadi wadah yang tepat untuk beberapa makanan kecil atau bahan makanan seperti rempah-rempah. Jika Anda menginginkan bentuk jar yang lebih modern dan lebih unik, Anda bisa juga mencari jar-jar tersebut di toko peralatan rumah di sekitar Anda.  

4. Manfaatkan ruang vertikal
Daripada harus menumpuk begitu banyak barang di meja dapur, mengapa tidak memanfaatkan ruang vertikal untuk menyimpan beberapa peralatan dapur seperti spatula, centong, pengaduk, dan bahkan panci teflon? Dengan menggantungnya, barang-barang tersebut dapat lebih mudah ditemukan dan digunakan kapanpun Anda membutuhkannya. 

5. Bagi ruang di dapur Anda menjadi beberapa bagian
Baik Anda memiliki meja dapur yang luas maupun sempit, biasakan untuk membagi ruang di dapur Anda menjadi beberapa bagian. Simpan kertas catatan bersama dengan pensil dan pulpen di satu sudut, sementara mangkuk sereal dan vas bunga di sudut yang lain. Letakkan barang-barang yang sering Anda gunakan di tempat yang mudah Anda jangkau, dan taruh segala peralatan mencuci dekat dari wastafel. Dengan mempraktekkan tips ini, pekerjaan Anda di dapur tentu akan lebih terorganisir karena Anda tidak perlu mencari ke sana kemari untuk menemukan barang-barang tertentu. Bentuk dapur seperti ini juga akan mempercepat pergerakan Anda di dapur. 

Latest
Previous
Next Post »