Proses Terjadinya Air Terjun

Air terjun merupakan fenomena yang menjadi keindahan alam hasil ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Air terjun didefinisikan sebagai formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu transformasi bebatuan. Kemudian bebatuan tersebut mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. 
Air Terjun Kanada
Secara alamiah, ada beberapa tahapan bagaimana proses terbentuknya air terjun tersebut. Saat sungai baru terbentuk, salurannya akan mengalami penyempitan dan erosi. Terlebih pada jalur yang memiliki lapisan tanah lunak, makan akan terjadi resistensi. Selanjutnya, erosi tersebut mengakibatkan peningkatan kecepatan air di tepi sungai bergerak bersama berbagai materi yang dibawanya. Aliran air yang besar itu membentuk pusaran air sehingga menambah kapasitas erosinya. 

Proses tersebut berlangsung dalam waktu yang lama sehingga membentuk arus yang lebih cepat ke arah dasar sungai. Akhirnya, tanah yang tergerus erosi membentuk ngarai atau jurang. Semakin lama, jurang tersebut semakin dalam dan terbentuklah air terjun. Semakin tinggi tebingnya, maka tekanan yang dihasilkan air terhadap dasar tebing tersebut semakin besar. 
Previous
Next Post »