Mau Kenal, Apa Itu Ebola atau Demam Berdarah Ebol?

Ebola, atau sering disebut juga dengan Demam Berdarah Ebol disebabkan oleh virus Ebola. 2 hari hingga 3 minggu setelah terjangkit virus merupakan masa inkubasinya. Ebola ditandai dengan demam, sakit tenggorokan, nyeri otot dan sakit kepala. Biasanya gejala ini sering diikuti pula dengan mual-mual, muntah, menurunnya fungsi liver dan diare.
Virus Ebola. (foto: simple.wikipedia.org)
Jangan anggap remeh penyakit paling mematikan satu ini, gejala serius bisa terjadi dengan adanya sakit kepala, tenggorokan, nyeri sendi, dan hilang nafsu makan. Bahkan demamnya bisa mencapai 38.3 °C yang disertai dengan muntah, mencret dan sakit perut yang parah bagian atas. Ditemukan pula pendarahan (pada beberapa kasus), baik pendarahan dalam dan luar yang terjadi 5-7 hari setelah gejala pertama terjadi. Hal ini diakibatkan karena penderita mengalami kesulitan pembekuan darah. Umumnya, pendarahan terjadi pada hidung, selaput mulut, tenggorokan dan bekas lubang suntikan. 

Penularan ebola disebabkan oleh virus yang menular melalui kontak darah atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi seperti monyet dan kelelawar. Untuk mencegahnya bisa dengan cara mengurangi penyebaran tersebut. Periksa hewan yang terinfeksi bahkan bisa membunuh hewan yang terpapar virus.
Previous
Next Post »