Kenapa Ada Pasang Surut Air Laut?

Pasang Laut adalah naik atau turunnya posisi permukaan perairan atau samudera yang disebabkan pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Gaya yang saling berinteraksi itu terdiri dari 3 gaya, yakni laut, matahari dan bulan. Pasang laut menyebabkan kedalaman perairan berubah dan mengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang. 
Pasang Surut Air Laut. (foto: tema.fao)
Dalam navigasi pantai perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan. Wilayah atau daerah pantai yang terbenam sewaktu pasang naik dan terpapar sewaktu pasang surut dinamakan mintakat pasang. Periode lamanya pasang laut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya, biasanya panjang periode pasang surut bervariasi dari 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit. 

Variasi rentang pasang laut selalu berubah secara sistematis terhadap siklus bulan, rentang pasang laut bergantung pada bentuk perairan dan konfigurasi lantai samudera. Pasang laut merupakan hasil dari gaya gravitasi dan efek sentrifugal. (dorongan ke arah luar pusat rotasi bumi). Pasang naik yang sering terjadi adalah saat purnama dimana bumi, bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus. 
Previous
Next Post »